Posted by : bakhruthohir.blogspot.co.id Jumat, 17 Mei 2019

[Sumber: www.idntimes.com/hype/]

Mereka yang sudah akil baligh dan sudah kecanduan musik saat tahun 2000an, pada awal ramadan pasti memiliki daftar album lagu terbaru yang siap didengar, karena banyak sekali musisi yang berbondong-bondong membuat album edisi ramadan. kualitas dari lagu-lagu yang dikhususkan untuk bulan ramadan diproduksi oleh orang-orang hebat yang artinya kualitasnya pun tidak bisa diragukan.

Gigi, ungu, wali, setia band sampai banyak penyanyi solo seperti opick, gita gutawa, rosa, dan lain-lain yang juga punya single dan album edisi Ramadan. Mereka adalah bagian dari para seniman yang menyempatkan berkarya sebelum bulan puasa. Apalagi band sekaliber gigi dan ungu, banyak diantara karyanya yang sangat memorable.

Izinkan ku ucap kata taubat, sebelum kau memanggilku. Tuhan, tuhan yang maha esa. Terire rire rire entai iiii, ta re ra en ti ra re enta ra raaaa, tombo ati. Rabbana atina fid dunya hasanah wafil akhiroti hasanatau wakina adzabannar. Sampai saat ini, lagu-lagu itu masih mudah sekali kita dendangkan ulang nada-nada yang mewarnai setiap lirik dari lagu itu.

Angkatan ini juga merefresh generasi lama yang kurang lebih hanya didominasi ebiet, bimbo, haddad alwi feat sulis dan raihan. Banyak dari band-band ini bahkan tidak hanya berpatron pada satu genre, sangat beragam bahkan jauh dari tempo yang kalem tur lembek yang kurang lebih cocok menemani waktu menunggu berbuka.

Gigi menabrak banyak sekali gambaran lagu edisi ramadan yang dinyana selalu berirama syahdu dan menenangkan. Lagu semisal Lailatul Qadar, amnesia, sifat 20, sampai Tuhan adalah sekumpulan lagu gigi yang bertempo cepat dan pastinya kalau itu didendangkan siang hari dan kita terpancing joget, niscaya cepat haus jua saat puasa.

Lagu-lagu yang dikeluarkan untuk menyambut bulan ramadan memiliki tema seputar ketuhanan, ibadan dan juga akhlak yang baik.

Entah, mungkin lagu-lagu itu memang diniatkan untuk berdakwah atau sekedar membuat lagu saja dan komersial murni. Tetapi memang itulah tema yang paling laris di pasaran ketika bulan puasa.

Aku rasa bahkan setiap seniman tadi memiliki minimal satu lagu yang menggambarkan sifat Allah yang selalu melihat gerak-gerik umatnya dan juga Allah maha pengasih dan penyayang. Dan karena temanya seperti itu, kita lalu beramai-ramai menyebutnya lagu religi.

Jadi kalau pertanyaan dibalik, apa itu lagu religi? Lagu religi adalah lagu yang memiliki tema seputar ketuhanan, ibadah dan anjuran berbuat baik. Syarat utama selain tema adalah lagu itu harus dirilisnya menjelang atau bertepatan dengan bulan puasa.

Yang mana pasar memang sedang membutuhkan suplai konten yang seperti itu, tentu sangat menguntungkan industri, eh. Apalagi saat itu, produksi musik masih didominasi oleh major label. Sehingga kalau disederhanakan, lagu religi adalah lagu yang diproduksi untuk mengeruk keuntungan sebanyak-banyaknya dari masyarakat akan kebutuhan terlihat religius. Eh eh eh. hehe

Ini sudah tentu lo, siapa yang lebih religius, orang yang mendengar lantunan opick atau the SIGIT? tentu opick dong yang lebih religius, tombo ati je, the SIGIT tentu ndak ada religius-religiusnya sama sekali. Lawong lagune berjudul black amplifier, itu judul lagu atau merek alat musik. 

karena, sebetulnya kalau kita hanya memegang pada tema yang dibawa, banyak lagu yang bertema seperti lagu religi tadi, tapi tidak kita sebut lagu religi karena tidak dirilis untuk bulan puasa. Semisal Hagia dari barasuara yang berkisah tentang bebasnya memilih kepercayaan, tentang rindu dari virzha yang melantunkan pesan tentang kekangenan pada orang tua, ini kan bentuk tawadhuk pada orang tua, islami sekali. Mustafa Ibrahim dari TRIAD, ini cover lagu Queen, dan sudah dimodifikasi untuk sesuai dengan kondisi Indonesia sampai lagu kau tak sendiri dari bondan yang berpesan agar manusia tidak putus asa, bukankah Tuhan juga meminta kita tidak putus asa dan selalu berpegang padanya, sungguh sangat amat islami kan.

Jadi, sebenarnya definisi dan cara kita memaknai religi dan lagu religi bagi kita itu sebenarnya apa dan bagaimana?

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Tengok Sahabat

Diberdayakan oleh Blogger.

Top Stories

About

- Copyright © Tigabelas! -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -