Posted by : bakhru thohir Minggu, 06 Desember 2015


Malang, enam desember 2015

Selamat pagi indonesia, mentari cukup 
hangat menemani pagi ini, meskipun ditemani sedikit grimis.. Ya sudah wajar lah, ini bulan desember, semakin aneh kalau bulan ini tak ada hujan, cukup kita berayukur pada rahmat tuhan..

Pernah teman2 semua punya kawan yang suka sekali main game online? Nampaknya kita semua pernah punya teman semacam ini, karena saat ini para pemain game online sudah berada dinana-mana bak jamur di musim penghujan. 

Pernah merasa dicueki karena kebiasaan mereka?

Nampaknya pernah. Tapi kita tak ingin membahas perihal cuek mencuek dicueki..

Yang akan kita bahas adalah tentang terdegradasinya budaya berbicara karena kebiasaan bermain gane online d mana-mana.

Esai bodoh ini bermula dari sebuah celetukkan teman pemain salah satu game online, beliau mengatakan "saat ini CoC adalah game online terbesar" ya penulus kurang faham maksut perkataan itu bermuara pada kebanggaan karena menjadi bagian komunitas game online terbesar atau sekedar info saja. Namun penulis spontan menjawab "praktik kapitalis paling masif saat ini". 

Kenapa penulis spontan berbicara seperti itu?, ya sebab banyak diantara kita sedang dimonopoli oleh pemilik server game online itu untuk melupakan aktifitas pribadi dan membuang waktu berharga kita untuk memainkan game online. Waktu yang seharusnya bisa kita gunakan untuk berkarya dan mengubah lingkungan kita, malah tak kita hiraukan hanya sekedar meneruskan memainkan game dan bahkan sampai lupa waktu.

Selanjutnya teman penulus berbicara "ya seperti sekarang ini, kita lagi nunggu, bisa kita main dulu, biar gak bosen nunggu".. Oke kalau sedang sendiri, namun posisinya kita sedang duduk bertiga.. Waktu yang seharusnya bisa kita gunakan untuk ngobrol malah hilang begitu saja karena kembali termonopoli waktu ngobrol kita dengan waktu bermain game online.

Penulis tak pernah sekalipun menyalahkan teman-teman yang bermain game online.. Karena penulis tau itu hak kalian, namun seharusnya apapun yang kita kerjakan bisa membuat kita lebih bijaksana.. Silahkan bermain game online, namun kita tetap harus sadar kalau punya kewajiban dalam mengurusi hidup kita dan lingkungan kita.. Waktu yang berharga ini bisa bermanfaat untuk banyak orang, jadi jangan di degradasi hanya untuk bermain game online.

Jangan sampai ramalan einstein yang mengatakan bahwa orang-orang akan idiot karena teknologi benar-benar terjadi. Mari mengunakan teknologi dengan cerdas..

Waallahu A'lam

Semoga kita semua bisa berbuat adil dan bijaksana. Amin..

{ 2 komentar... read them below or Comment }

  1. Saya pemain CoX tapi saya juga bisa bersosialisasi dan berkarya koq mas :v #HidupCoC

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mari sebarkan semangat menghargai dan menghormati.. Itu haya hidup, itu jalan yg dipilih..

      Hapus

Popular Post

Tengok Sahabat

Diberdayakan oleh Blogger.

Top Stories

About

- Copyright © Tigabelas! -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -